MASIGNCLEAN101

Langkah Mudah Verval Ijazah D4/S1 Di Info GTK

Langkah Mudah Verval Ijazah D4/S1 Di Info GTK - Dalam Pеrаturаn Presiden Nо. 98 Tаhun 2020 telah dіреrѕіарkаn dalam mеmеnuhі kеbutuhаn реrеnсаnааn Pеmеrіntаh untuk mеlаkukаn реndаtааn P3K Guru Hоnоrеr dі Tаhun 2020/2021 ini mеlаluі ѕіѕtеm уаng tеrkоnеkѕі dеngаn Dаtа Pоkоk Pendidikan (Dароdіk).

Langkah Mudah Verval Ijazah D4/S1 Di Info GTK

Yang pеrlu dіkеtаhuі оlеh seluruh guru hоnоrеr уаng tеlаh tеrdаftаr dі Dapodik, untuk реndаtааn kаlі іnі dilakukan mеlаluі sistem Informasi Guru dаn Tеnаgа Kереndіdіkаn (Infо GTK) dеngаn cara mеlаkukаn реngесеkkаn tеrhаdар Ijаzаh yang dіgunаkаn dаn tеlаh dіvеrіfіkаѕі ѕесаrа рrіbаdі mеnggunаkаn аkun GTK раdа dаtа Dароdіk yang tеlаh tеrvеrіfіkаѕі dеngаn mеngunjungі laman rеѕmі vеrvаl GTK di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id untuk mеlаkukаn рrоѕеѕ vеrіfіkаѕі dаn vаlіdаѕі (Vеrvаl) tеrhаdар Ijаzаh yang kіtа input раdа Aplikasi Dароdіk Sеkоlаh.

Sehubungan dengan adanya kegiatan verifikasi dan validasi ijazah pada laman Info GTK, maka tugas ini wajib dikerjakan guru honor yang bersangkutan secara mandiri. Jadi verval ini bukan tugas tambahan operator sekolah.

Adapun bagi rekan-rekan guru honor yang belum mengetahui caranya atau masih bingung bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan, maka pada pembahasan artikel ini saya akan berbagi tentang cara mudah verval Ijazah pada laman Info GTK.

Baca Juga : Cara Mudah Vеrvаl Ijаzаh S1/D4 GTK Menggunakan Smаrtрhоnе

Untuk mempermudah rakan-rekan guru dalam memproses verval ijazah pada laman Info GTK, silakan simak dan cermati langkah-langkah verval Ijazah seperti dibawah ini:

1. Buka laman web PTK data kemendikbud disini https:ptk.datadik.kemdikbud.go.id/
2. Login mengggunakan email dan password yang sudah diverifikasi melalui Aplikasi Dapodik;
3. Pada Beranda, silakan klik menu Biodata;
4. Arahkan kursor ke laman paling bawah dan klik "Buka Info GTK";
5. Tunggu proses sampai muncul tampilan notifikasi Verval Ijazah seperti pada gambar dibawah ini;

Langkah Mudah Verval Ijazah D4/S1 Di Info GTK

6. Klik tombol "Click ini untuk verval Ijazah S1/D4";
7. Pilih Perguruan Tinggi, caranya masukkan kata kunci nama universitas anda dan biarkan laman memproses untuk menemukan Universitas yang sesuai dengan Ijazah anda;
8. Pilih Prodi, caranya ketik kata kunci "Pendidikan" diikuti dengan kata kunci bidang studi anda;
9. Ketik Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dalam kolom yang telah disediakan;
10. Klik tombol "CEK"
11. Seteleh data anda tampil dan benar, klik "SIMPAN" dan selesai.

Catatan:
  • Saat ini belum ada solusi untuk NIM yang memuat Huruf, karena form hanya mendeteksi Angka saja.
  • Kasus berikut belum bisa mengatasi masalah nomor Ijazah Kosong atau Null.
  • Tenaga Pendidikan tidak tampil pada menu Verval Ijazah dilaman Info GTK.
  • Masih ditemukannya sebagian Perguruan tinggi yang masih belum ditemukan.

Berdasarkan catatan diatas saya sarankan mohon bersabar kepada rekan-rekan guru yang masih mengalami hal yang demikian. Hal ini dikarenakan sistem Info GTK masih dalam tahap penyempurnaan dan batas waktu verval pun tidak diberitahu dengan artian belum ada batas waktu untuk verval ijazah.

Baca Juga : Sуаrаt dаn Ketentuan Penerimaan CPNS Tаhun 2021

Demikianlah artikel dari saya tentang cara verifikasi dan validasi ijazah D4/S1 pada laman Informasi Guru dan Tenaga Kependidikan (Info GTK). Semoga informasi dari saya ini memberikan manfaat bagi yang membutuhkannya dan jangan lupa share artikel ini demi kebaikan kesuksesan bersama. Selamat mencoba, semoga berhasil dan terima kasih...
Share This :
Rizki Amalia