Babi Guling yang Tulen!

Jika banyak dagang babi guling di Bali, saya percaya. Tapi jika mendapatkan Babi Guling yang sangat ‘babi guling’ , rasanya akan sedikit sulit.

Sangat babi guling yang dimaksud adalah cita rasa dengan olahan bumbu yang tepat. Bukan hanya sekedar pekat namun porsi rasa yang seimbang. Menurut saya, hanya ada beberapa dagang babi guling yang memiliki cita rasa ini. Tidak semua. Apalagi beberapa bumbu babi guling yang dimodifikasi agar tidak terlalu keras bagi penikmat baru dari luar kota. Turis dan bule misalnya.

Sungguh beruntung. Siang itu saya mencoba babi guling yang ada di daerah jalan Imam Bonjol. Membawa kepercayaan diri sebagai Babi Guling Tulen, segera saja saya masuk karena arahan teman yang mengatakan bahwa babi guling disini enak.

Ketika datang, tampilan sama seperti babi guling pada umumnya. Lawar, daging babi, sate, enak ya? (Coba resapi dengan cara bicara presiden Obama) Tidak alpa semangkuk kuah yang menemani. Saat menyendok bumbu babi gulingnya, saya seperti menemukan idola baru perbabi gulingan di Denpasar. Rasanya pas (pedas, manis, gurih dengan ukuran lidah lokal), daging nya empuk dan untuk daging gorengnya terasa kriuk. Yang membuat kagum selanjutnya ternyata adalah kuahnya. Seimbang. Pas. Kalau kata senior kuliner, maknyus. Overall, babi guling tulen ini sangat direkomendasikan. Mungkin untuk ukuran tempat, dia tidak terlalu favorit. Tapi percayalah, saat menikmati babi gulingnya, hal – hal tadi langsung termaafkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *